About

Senin, 12 Maret 2012

PENCERAMAH BINGUNG : Just be Your Self, Guys...!

Ini cerita yang lucu, namun bila ditelisik lebih dalam, banyak makna yang bisa kita ambil dari sana. Ada seorang penceramah di kota Gudhel. Suatu hari ia diminta oleh kelompok nudis (sekelompok orang yang dalam pertemuan tertentu mereka selalu tidak mengenakan pakaian atau telanjang). Kelompok nudis ini sedang mengadakan rapat selama 3 hari di salah satu hotel mewah di tepi pantai, tempat biasa mereka berkumpul. Penceramah ini diminta untuk berbicara sebagai pembicara tamu (guest speaker) di hari kedua selama setengah hari tentang Rancangan Undang-undang untuk kaum nudis.

Panitia menjemput penceramah di bandara sehari sebelum pemaparan materi dan diminta untuk melihat suasana rapat serta pesertanya, agar besok lebih mudah untuk menyesuaikan diri. Karena penceramah menginap di hotel yang sama, maka setelah check in bersama panitia, ia melihat ruangan  tempat  peserta mengikuti rapat. Begitu pintu dibuka untuk memperkenalkan sang penceramah, betapa kagetnya ia ternyata semua peserta rapat tidak mengenakan busana sama sekali alias telanjang, sedangkan ia mengenakaan kemeja lengan panjang berdasi.

Setiba di kamar, se penceramah bingung bukan main. Besok ketika memberikan ceramah apakah ia akan seperti peserta nudis yang tidak mengenakan busana sama sekali atau tetap seperti biasa ia berceramah dengan mengenakan baju rapi. Di satu pihak, supaya materi mudah diserap dan pembicaraan mudah diterima, maka ia harus memposisikan diri agar sama dengan peserta, yakni telanjang. Di pihak lain, hati nuraninya berkata tidak, karena ia tidak belum pernah seumur-umur berceramah tanpa busana. Timbang sana, timbang sini hingga tengah malam ia belum bisa memutuskan, besok dalam memberikan ceramah akan mengenakan setelan jas yang sudah dibawanya atau tidak sama sekali. Menjelang subuh, ia baru dapat mengambil kesimpulan bahwa demi menyenangkan hati peserta, ia akan menyamakan diri dengan mereka dengan beberapa pertimbangan yang dapat diterima akalnya. Pertimbangan tersebut antara lain, ini pengalaman pertama, pihak hotel sudah sangat mengerti mengingat ini sudah berkali-kali dilakukan dan ia memperoleh bayaran yang paling tinggi di ceramah nudis ini dibandingkan dengan bayaran yang diterimnnya selama ini, serta ceramah yang disampaikan toh hanya setengah hari. Dan begitulah,sang penceramah memutuskan untuk  memberanikan diri  tampil telanjang yang selama ini belum pernah ia lakukan sebelumnya.

Tiba sesi untuk berceramah, penceramah pun berjalan menuju ruangan rapat dengan penuh keyakinan dan percaya diri tanpa mengenakan pakaian apapun. Begitu memasuki ruangan, betapa kagetnya sang penceramah dan seluruh peserta yang hadir, karena ternyata seluruh peserta mengenakan setelan jas rapi untuk mendengarkan ceramah dari pembicara tamu, sedangkan sang penceramah adalah satu-satunya orang dalam ruangan tersebut yang telanjang.

***
Zig Ziglar pernah bertutur bahwa, “Anda akan gagal kalau coba-coba meniru siapapun juga, tetapi anda akan menjadi ‘Anda’ yang terbaik yang pernah ada. Andalah satu-satunya yang dapat menggunakan kemampuan Anda. Itu sungguh sauatu tanggung jawab yang sangat besar.”

Sumber : Parlindungan Marpaung “Half Full – Half Empty”

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls